Pages

Kamis, 17 Februari 2011

Mailing List

Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.
Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email  yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.
Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.
Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM'S) atau Mail Servers.
 
 
Cara membuat mailing list:
Ada 2 cara Membuat Mailing List
  • Membangun sendiri server mailing list atau yang sering disebut Listserver (tidak dibahas disini)
  • Menggunakan Listserver yang ditawarkan oleh beberapa hosting milis, dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya apapun alias gratiiiss seperti Yahoo! Group atau Google Group
Cara Membuat Mailing List di Yahoo! Group dan Google Group
  • Buat account email Yahoo! ID (Yahoo! ID bersifat umum untuk mengakses fasilitas Yahoo, apabila belum memilikinya, klik disini untuk membuat Yahoo! ID atau klik disini untuk membuat account GMail jika ingin membuat Milis di Google  Group Kunjungi disini untuk membuat Yahoo!Group atau disini untuk membuat Google Group
  • Untuk membuat Mailing List pada kedua group hampir sama, selanjut ikuti penjelasan dibawah pada Yahoo! Group saja ->Lakukan login dengan Yahoo! ID, klik create a group yang akan kita buat atau langsung klik start your group ->
  • Lakukan 3 tahapan yaitu -> memilih Categori (isi kolom atau ada pilihan,setelah itu, klik Place my group in ….) continue -> Describe Your Group -> isi nama group -> buat alamat email group (yang akan digunakan sebagai alamat milis) -> isi discription (misal Ikatan Alumni atau Perkumpulan Hobi Makan dll) -> klik Continue
  • Create Profile bila anda inginkan -> isi word verification -> klik Continue
  • Selesai ! Anda telah memiliki Mailing List pada Yahoo! Group.
 
Selanjutnya yang perlu dilakukan untuk pengaturan lain dan ini hanya berupa pertanyaan2 yang dapat kita isi dengan sangat mudah seperti :
  • Siapa saja yang kita inginkan bergabung dalam milis
  • Apakah untuk bergabung harus dengan persetujuan terlebih dahulu dari moderator
  • Siapa saja yang boleh posting ke group
  • Siapa yang boleh mengundang menjadi anggota
  • Siapa yang dapat mengedit halaman milis
  • Apakah setiap anggota dapat menerima email setiap posting dari anggota dll
  • Dan lain-lain, lakukan langkah-langkah tersebut dengan perlahan-lahan, sangat mudah sekali
Setelah selesai, undang teman dengan mengisi account email yang ingin di undang.
Selamat mencoba.


Keuntungan Mailing List
1. Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar.
2. Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiap inbox anggotanya.

Kekurangan Mailing List
  1. Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.
  2. Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internal sebuah organisasi, seseorang memerlukan semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas) tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih terperinci.
  3. Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot karena hal tersebut.
 Postingan oleh : Frimayanti/24/IXA

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 'always with my prends'. Template created by Volverene from Templates Block
lasik surgery new york and cpa website solutions
WP theme by WP Themes Expert